Jangan Berlebihan Saat Memberikan Pakan Ikan Nila

 



Pakan adalah faktor penting dalam proses budidaya semua tipe ikan, termasuk juga ikan nila. Ikan memperoleh nutrisi dari pakan yang diberi oleh pembudidaya untuk berkembang dan tumbuh biak. Terdapat beberapa tipe bahan pakan yang dapat dikonsumsi oleh ikan nila, semua tipe pakan ikan nila itu saling berperan penuhi keperluan gizi ikan.


Hal Penting Yang Harus Dilakuakan Sebelum Bermain Togel Online Walau nampak baik, manajemen pakan harus digerakkan secara benar supaya tidak ada ketidakefisienan peranan pakan yang diberi. Hal itu condong akan mengakibatkan efek negatif, seperti ongkos produksi yang membesar serta kolam jadi kotor.


Pakan yang diberi untuk ikan tidak semua dapat digunakan secara baik oleh ikan yang dijaga. Pakan-pakan yang tidak digunakan akan mengakibatkan pemborosan yang sebetulnya dapat diminimalkan. Hal itu mengakibatkan ongkos produksi jadi tinggi, walau sebenarnya perkembangan ikan masih, tidak ada perubahan yang berarti.


Jumlah pakan yang baik semasa proses budidaya ialah sekitar 3 % dari berat badan. Besaran jumlah itu didapat hasil dari riset yang telah dilaksanakan oleh beberapa pakar perikanan.


Contohnya, di kolam ada 10.000 ekor ikan serta berat tiap ekornya sebesar 10 gr. Pakan yang diperlukan untuk penuhi semua keperluan ikan yang berada di kolam sekitar 3 kg. Jumlah keperluan ikan akan makin bertambah bersamaan dengan perubahan ikan.


Untuk tentukan jumlah pakan yang diperlukan, Anda perlu lakukan sample atau ambil contoh-contoh/contoh ikan untuk ditimbang serta dicatat. Berat ikan sample itu akan sebagai wakil berat semua ikan yang berada di kolam. Setelah itu, kalikan berat satu ekor ikan dengan keseluruhan jumlah ikan yang berada di kolam serta kalikan dengan 3 % untuk mengenali jumlah pakan yang perlu diberi dalam satu hari.


Untuk menahan pemborosan pakan, Anda dapat memberi pakan dengan adlibitum atau diberi di saat ikan telah lapar serta stop waktu ikan telah kenyang.


Anda dapat mengenali ikan yang masih tetap lapar dari kelakuannya, khususnya untuk ikan langsung mendekati saat Anda bawa pakan. Ikan-ikan itu akan langsung menyongsong Anda. Bila telah kenyang, ikan akan pergi tinggalkan Anda.


Anda dapat dengan gampang mengenali jumlah ikan yang ada di kolam serta dapat dipanen dari jumlah pakan yang habis dalam satu hari.




Postingan populer dari blog ini

Teripang Indonesia Jadi Primadona di Mancanegara

What’s at stake with transgender

Cybercrime is a crime involving a computer or computer network.